Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV LCD Bergaris Vertikal

Posted on

Berbagai macam jenis permasalahan mungkin pernah Anda jumpai pada TV Anda, salah satunya layar TV LCD bergaris vertikal. Sama halnya dengan masalah TV pada umumnya, permasalahan garis vertikal pada layar TV LCD  ini bisa muncul karena adanya berbagai macam penyebab.

Melihat TV dengan layar yang terdapat garis vertikal tentu saja sangat mengganggu kenyamanan. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu penyebab permasalahan ini dan cara mengatasinya. Sehingga Anda bisa menonton acara di TV lagi tanpa ada gangguan apapun.

Layar TV LCD Bergaris Vertikal
rumahorbit.blogspot.com

Penyebab Layar TV LCD Bergaris Vertikal

Untuk penyebab dari permasalahan layar TV LCD bergaris vertikal pada umumnya disebabkan karena adanya komponen yang rusak. Pada umumnya yang kerap terjadi adanya kerusakan pada transistor di dalam rangkaian panel yang sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Adanya komponen rusak tersebut pada umumnya dikarenakan TV LCD Anda usianya sudah terlalu tua. Seiring dengan usia pemakaian yang cukup lama, maka tak heran jika kualitas TV Anda mengalami penurunan.

Pada umumnya kerusakan yang sering muncul yaitu pada Tcon. Salah satunya yaitu koneksi kabel dari modul Tcon ke display tidak dapat terhubung dengan baik. Bisa karena konektor flat kabel ada kotorannya maupun ada yang berkarat

Garis vertikal pada layar TV LCD juga bisa terjadi karena masalah pada IC COF. Bentuknya memang cukup panjang dan warnanya hitam. Untuk letaknya yaitu berada di flexibel yang menyambungkan mesin menuju panel TV. Bagian ini memang memiliki kekurangan seperti mudah rapuh sehingga bisa mengakibatkan munculnya garis vertikal pada layar TV.

Cara Mengatasi  Layar TV LCD Bergaris Vertikal

Setelah mengetahui penyebab kerusakannya, Anda bisa segera mengatasi permasalahan layar TV LCD tersebut. Untuk mengatasi masalah garis vertikal pada layar TV LCD, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini.

Mencabut Jek Power dan Lakukan Pengecekan

Cara pertama untuk mengatasi adanya garis vertikal pada layar TV LCD yaitu terlebih dahulu cabut jek power yang terhubung. Dengan begitu Anda akan lebih aman pada saat memperbaiki TV tersebut.

Selanjutnya Anda bisa mengecek komponen-komponen yang ada seperti transistor atau IC. Jangan lupa cek juga pada tegangan output IC power Tcon. Buka cover TV dengan perlahan dan berhati-hati supaya tidak merusak komponen yang lainnya.

Lakukan Penggantian Komponen

Apabila Anda telah melakukan pengecekan dan menjumpai komponen bermasalah seperti halnya IC, panel, maka Anda bisa segera menggantinya.

Untuk memperoleh komponen-komponen tersebut, Anda bisa mencarinya di toko elektronik terdekat. Agar tidak salah, sebaiknya Anda membawa komponen aslinya yang telah dilepas dan membawanya ke toko elektronik untuk dijadikan sebagai contoh.

Dalam mengatasi masalah layar TV LCD bergaris vertikal ini sebaiknya Anda melakukannya dengan hati-hati dan juga teliti. Supaya tidak ada kerusakan lain dan TV Anda bisa kembali normal seperti sedia kala.