Mengetahui Penyebab Masalah TV LCD Mati Sendiri

Posted on

Memiliki TV tentunya tak bisa lepas dari suatu permasalahan, mulai dari hilang signal hingga masalah TV LCD mati sendiri. Dengan adanya permasalahan tersebut tentunya kita akan menjadi terganggu, terlebih lagi saat kita sedang asyik menonton acara kesayangan kita di televisi. Pastinya akan merasa tidak nyaman bukan?

Masalah TV LCD Mati Sendiri
pexels.com

 

Berbagai Penyebab Masalah TV LCD Mati Sendiri

Memiliki TV yang tiba-tiba mati sendiri ini sudah sering dialami oleh banyak orang. Terkadang kejadian ini muncul pada saat Tv sudah panas. Namun, ada juga yang mati sendiri meskipun keadaan TV Anda belum panas. Ada beberapa hal yang harus Anda pahami terkait penyebab dari masalah TV LCD mati sendiri.

Komponen Tidak Merekat Sempurna

Salah satu penyebab masalah TV LCD mati sendiri yang sudah sering terjadi yaitu dikarenakan adanya beberapa komponen yang belum merekat dengan sempurna. Nah, dalam hal ini timah sudah tidak menempel dan dapat kita amati dengan adanya tanda berupa retakan yang terdapat di sekitar timah.

Apabila komponen tersebut tidak benar benar merekat dengan sempurna, maka komponen pada TV tidak akan bisa berfungsi dengan baik dan komponen menjadi longgar. Hal ini bisa terjadi mungkin diakibatkan adanya guncangan pada TV atau yang lainnya.

Jika menjumpai permasalahan ini pada TV LCD, maka cara yang harus Anda lakukan yaitu dengan membongkar TV. Kemudian, Anda bisa mengecek satu persatu komponen yang ada pada mesin.

Periksalah bagian tersebut dengan teliti, apakah ada komponen yang longgar atau bahkan retakan. Jika menjumpai permasalahan ini pada TV LCD atau TV LED, maka cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menyolder ulang komponen tersebut sampai bisa merekat dengan sempurna.

Kerusakan Transistor Horizontal

Penyebab TV LCD mati sendiri selanjutnya yaitu karena adanya kerusakan pada transistor horizontal. Perlu Anda ketahui, jika transistor horizontal ada kaitannya dengan bagian layar TV.

Jadi apabila transistor horizontal ini mengalami masalah, maka pada tampilan layar tentu saja juga akan ikut bermasalah. Disini yang harus Anda lakukan yaitu memeriksa kondisi fisik dari TV Anda saja. Periksa adakah bagian yang terlihat terbakar atau ada bagian yang panas sekali pada saat Anda sentuh.

Ketika Anda menjumpai ada bekas terbakar di bagian fisik televisi bisa jadi memang sudah ada kerusakan. Namun, ketika Anda menyentuhnya merasakan bagian tersebut terasa panas sekali bisa jadi transistor horizontal tersebut memang sudah harus diganti dan sudah rusak.

Pada saat Anda menjumpai permasalahan seperti itu dan tidak segera menggantinya, kemungkinan kerusakan akan merambat pada komponen TV yang lainnya.

Apabila masalah TV LCD mati sendiri tidak bisa Anda tangani sendiri, maka Anda bisa membawanya ke tukang servis TV yang sudah berpengalaman. Dengan demikian permasalahan pada televisi Anda bisa segera diatasi dengan baik dan benar oleh ahlinya.