Pahami Masalah TV LED dan Solusi yang Tepat Mengatasinya

Posted on

TV LED kini banyak dijumpai dan menjadi pilihan terbaik oleh masyarakat. Walaupun awet terkadang ada masalah TV LED yang mengganggu kinerjanya. Mungkin terdengar sepele tapi dampaknya luar biasa.

Masalah TV LED
Pexels.com

Jenis Masalah TV LED yang Sering Terjadi

Berikut adalah kerusakan yang umum terjadi pada TV LED:

Ada Suara Tidak Ada Gambar

Masalah yang pertama datang dari bagian pencahayaan. Bisanya komponen elektronik pada TV terputus. Hal ini juga terjadi karena ada bagian yang harus diganti atau beli ulang.

Dalam hal ini termasuk TV LED yang mengandalkan lampu untuk menerangi gambar. Sehingga masalah tersebut terjadi karena komponen LED yang bermasalah.

Masalah Koneksi Perangkat

Berikutnya ada masalah koneksi perangkat yang sering buruk. Koneksi tersebut bisa memberikan banyak dampak masalah. Inilah yang menjadikan alasan kenapa TV terlihat rusak.

Biasanya masalah TV LED ini sering ada cincin retak dan koneksi solder kering. Terkadang juga ada jalur koneksi yang terbakar. Caranya dengan melakukan pemeriksaan PCB dengan kaca pembesar atau Opti Visor.

Remote TV yang Tak Berfungsi Normal

Kemudian ada masalah yang mungkin terlihat sepele, tapi dampaknya sangat besar. Dalam hal ini disebabkan karena ada hubungan pendek pada remot tersebut. Jika mengalami hal ini maka ada beberapa pergantian komponen lain untuk memaksimalkan kinerja remote dan TV.

Terdapat Garis Horizontal saat Menyala

Berikutnya ada masalah yang lebih krusial dan membutuhkan solusi terbaik. Akar masalah dari hal ini adalah kekuatan sinyal rendah pada bagian kabel decoder. Mengingat bahwa dekoder akan tersambung ke TV LED.

Solusi untuk menyelesaikan masalah ini adalah mencolokkan dekoder ke televisi lama. Pasalnya TV lama memiliki kekuatan input yang lebih rendah saat bekerja. TV Modern tentunya tidak akan mengalami hal tersebut karena sinyalnya lebih kuat.

Tidak Bisa Terhubung dengan WiFi

Masalah TV LED berikutnya adalah tidak bisa tersambung dengan WiFI. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan router yang tidak pas dan menimbulkan berbagai halangan. Kamu bisa memperbarui firmware router pada TV.

Jika masalah juga belum selesai kamu bisa melakukan setel ulang router ke setelan pabrik. Dengan begitu akan memudahkan kinerja TV dengan lebih maksimal.

TV Mati Total

Kemudian ada masalah yang cukup fatal yaitu TV mati total dan tidak berfungsi lagi. Banyak orang yang menyangka bahwa TV tersebut rusak karena kesalahan pada regulator yang tidak berfungsi. Kasus yang seperti ini mungkin jarang terjadi tetapi satu dari sepuluh TV di beberapa wilayah.

Pada dasarnya kerusakan pada TV yang mati total karena kerusakan pada IC osilator driver regulator. Dengan begitu kamu perlu membawanya ke tukang service. Sehingga TV bisa kembali normal dan menyala untuk menghibur pemiliknya. Masalah TV LED bisa usai dengan adanya usaha keras dari sang pemilik.