Perbedaan TV LCD dan LED, Wajib Anda Ketahui Sebelum Membeli

Posted on

Perbedaan TV LCD dan LED dapat terlihat dari beberapa hal. Apabila ingin membeli sebuah TV baru untuk melengkapi rumah Anda, tentunya akan mempertimbangkan beberapa hal penting. Saat ini memang terdapat beberapa model yang ditawarkan. Seperti halnya model TV LCD atau LED. Keduanya memang memiliki perbedaan, sehingga penting Anda ketahui sebelum membelinya untuk memastikan tidak akan salah pilih.

Perbedaan TV LCD dan LED, Wajib Anda Ketahui Sebelum Membeli
Ilustrasi perbedaan TV LCD dan LED. Foto: Ist/Net

Inilah Beberapa Perbedaan TV LCD dan LED

Sebelum Anda memutuskan akan membeli TV baru. Anda perlu mengetahui beberapa hal mengenai TV LCD atau LED. Untuk itu ketahui beberapa hal yang membedakannya berikut ini.

Konsumsi Listrik

Pada TV LCD atau LED, Anda perlu mengetahui mengenai konsumsi listriknya. Apabila  dibandingkan TV tabung, maka jenis TV terbaru ini memang lebih hemat dalam konsumsi listriknya. Tentunya bukan tanpa alasan, TV tabung memerlukan listrik yang cukup besar. Hal itu karena penggunaan layar tabungnya tersebut.

TV LCD umumnya menggunakan bahan dasar material liquid crystal display. Sedangkan TV LED yang menggunakan bahan dasarnya material light emitting diode. Kedua material tersebut hanya membutuhkan daya listrik lebih sedikit. Namun, TV LED masih lebih hemat dibandingkan dengan TV LCD.

Tingkat Kontras

Mengetahui tingkat kontras TV LED sebenarnya lebih unggul daripada LCD. Apabila Anda menempatkan keduanya secara berdampingan. Tampak bahwa TV LED menghadirkan tingkat kontras yang lebih tinggi. Hal ini karena teknologi TV LCD dengan CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp) untuk sumber cahayanya.

Sedangkan TV LED menggunakan Light Emitting Diode sebagai cahaya di belakangnya. TV LED menghasilkan cahaya lebih kaya warna, karena proses pemilihan warnanya lebih kompleks.

Daya Tahan

Perbedaan TV LCD dan LED dengan mengetahui daya tahan keduanya. LED memiliki kinerja yang lebih aktif serta jauh lebih tahan lama daripada LCD. Hal yang menjadikan TV LED lebih tahan lama karena menggunakan teknologi pencahayaannya. Teknologi tersebut tidak memerlukan konsumsi listrik yang besar.

Ketebalan Layar

Ketebalan layar pada LCD dan LED perlu untuk Anda perhatikan. Saat melihat keduanya memang memiliki ketebalan layar yang tipis. Namun apabila Anda memperhatikan keduanya lebih teliti. TV LED sebenarnya jauh lebih tipis dibanding LCD. Hal ini karena material yang digunakan TV LED memang lebih tipis.

Back Lightning Technology

Perbedaan yang tampak jelas dari teknologi Back Lighting Technology pada kedua TV. TV LED dengan penyinaran memanfaatkan LED. Berbeda dengan TV LCD, penyinarannya menggunakan CCFL. Teknologi keduanya yang fungsinya untuk menyetel ketajaman jutaan warna dari backlight. Keduanya sama-sama menghasilkan gambar tampak jernih dan nyata. Namun backlight dari TV LED memang lebih tahan lama.

Perbedaan TV LCD dan LED dengan melihat dari beberapa hal. Sehingga dapat mengetahui jenis TV yang lebih unggul untuk Anda pilih.